VIRGINIA HENDERSON
Definisi Ilmu Keperawatan
(Definition Of Nursing)
Deborah wertman Demeester,
Tamara Lauer, Susan E. Neal
A.
Latar Belakang Kehidupan Dan Prestasi-Prestasi Yang
Diraihnya
Virginia Henderson lahir tahun 1897, anak ke lima dari 8 bersaudara
dikeluarganya. Ia asli dari Kansas city, Mo. Henderson menghabiskan masa pertumbuhannya
di Virginia karena ayahnya membuka praktik hukum di WashingtonD,C.
Selama Perang Dunia I Henderson tertarik dengan ilmu perawatan.
Makatahun 1918 ia memasuki Sekolah Perawat Militer di Washington D.C.
Hendersonlulus tahun 1921 dan menempati posisi sebagai staf perawat di Henry
Street Visiting Nurse Service di New York. Di tahun 1922 Henderson
mulai mengajar ilmu perawatan di Norfolk Prostetan Hospital di
Virginia. Lima tahun kemudian iamemasuki Teacher’s college di Universitas Colombia
di mana ia berturt-turut meraihgelar B.S dan M.A bidang pendidikan
perawatan. Di tahun 1929 Henderson menjadisupervisor pengajaran pada klinik
Strong Memorial Hospital di Rochester, New York.Ia kembali ke Teacher’s college
di tahun 1930 sebagai pengajar, memberikan pelatihan proses analitis
perawatan dan praktik klinik hingga tahun 1948.
Henderson menikmati karirnya yang panjang sebagai seorang penulis dan peneliti.
Sementara mengajar di Teacher’s college ia menulis ulang edisi ke empat tulisan
Bertha Harmer Textbook of the
Principles and Practice of Nursing and practice of Nursing setelah kematian penulisnya.
Edisi ini diterbitkan tahun 1939.edisi kelima buku tersebut di terbitkan tahun
1955 dan memuat definisi ilmu perawatan karya Henderson. Hnderson bergabung dengan
universitas Yale sejak awaltahun 1950-an dan telah berbuat banyak bagi
riset perawatan lebih jauh lewat perkumpulan ini. Mulai tahun 1959 hingga
1971. henderson mengepalai NursingStudies Indeks Project yang di
sponsori Yale. Nursing Studies Indeks ke dalam empat jilid di
lengkapi dengan indeks biografi perawatan, analisis, dan literatur sejarah
sejak tahun 1900 hingga 1959.
Di tahun 1980-an Henderson masih aktif sebagai Research Associate
Emeritusdi Yale. Prestasi Henderson dan pengaruhnya dalam profesi keperawatan
telahmemberikan lebih dari tuujh gelar doctoral dan Christiane
Reimann Award pertamakali untuknya.
B.
Sumber-Sumber Teoritis
Untuk Pengembangan Teori
Petama dia merevisi Textbook
of the Principles and Practice of Nursing and practice of
Nursing tahun 1939. Henderson mengenalkan karyanya untuk naskah
inisebagai sumber yang memuatnya menyadari “perlunya membuat jadi lebih jelastentang
fungsi dari perawat. Sumber kedua adalah keterlibatanya sebagai anggotakomisi
pada konferensi regional Nasional Nursing Council di tahun 1946.
Ketiga, penyelidikan selama lima tahun Ameican Nurses’s Assosiation
tentang fungsi perawatmenarik perhatian Henderson yang belum sepenuhnya
memuaskan dengan definisiyang di adopsi oleh ANA di tahun 1955.
ANNIE W. GOODRICH adalah seorang Dekan dari Sekolah Perawat Milliter dimana
Henderson memperoleh pendidikan dasar keperawatannya dan menjadiinspirasi bagi
Henderson.
CAROLINE STACPOLE. Adalah profesor fisiologi pada Teacher’s College.Universitas
Columbia ia mengingatkan Henderson tentang pentingnya menjagakeseimbngan
fisiologi.
JEAN
BROADHURST adalah professor mikrobiologi di Teacher’s College tentang pentingnya
kesehatan (hygiene) dan
penyucian hama berpengaruh kuat padaHenderson.
DR. EDWARD THORNDIKE bekerja di Teacher College bagian psikologi. Diamemimpin studi
penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan manusia.
DR. GEORGE DEAVER adalah ahli fisika di Institue for the Crippled and Disableddan
kemudia di rumah sakit Bellevue. Henderson mengamati bahwa tujuan dari
upayarehabilitatif di institute tersebut adalah membangun kembali
kemandirian pasien( patient
independence).
BERTHA HARMER (Perawat Kanada), adalah penulis asli Textbook of the Principles and Practice of Nursing and practice of
Nursing yang di revisi olehHenderson. Definisi Harmer tahun
1922 “ Nursing is rootedin the
needs of thehumanity”(perawat berakar dari kebutuhan manusiawi.
IDA ORLANDO Henderson menyebutnya Orlando sebagai salah satu yang berpengaruh
dalam konsepnya mengenai hubungan perawat-pasien.
C.
PENGGUNAAN BUKTI-BUKTI EMPIRIS
Henderson menggabungkan prinsip-prinsip fisiologis dan psikologis
dalamkonsepnya sendiri tentang nursing. Latar belakangnya dalam bidang ini
berasal dari persahabatannya dengan Stackpole dan Thorndike selama studi
sarjananya diTeacher’s College.
Stackpole mendasarkan kursus fisiologinya pada diktum Claude
Bernard bahwa kesehatan bergantung pada pemeliharaan getah bening (lymph) yang
konstandi sekitar sel. Dari teori Bernard, dia juga mendapatkan pengetahuan
pengobatan psikosomatik dan implikasinya terhadap perawatan. Dia
menyatakan ”sangat jelas bahwa kesetimbangan emosional tidak bisa di pisahkan
dengan kesetimbanganfisiologis, saya menyadari jika emosi merupakan
interprestasi kita sesungguhnya atasrespon sel-sel terhadap fluktuasi komposisi
kimiawi cairan-cairan sel.
Henderson mengenali teori-teori tepat yang didukung
Throndike, hanyakarena semua itu melibatkan kebutuhan-kebutuhan mendasar
manusia. MeskiHenderson tidak menyebut Maslow sebagai seorang yang mempengaruhinya,
diamenjelaskan teori motivasi manusianya (human motivation).Maslow dalam Principles
and Practice of Nursing and practice of Nursing Care edisi keenam ditahun 1978.
D.
KONSEP-KONSEP UTAMA DAN
DEFINISI-DEFINISI
·
NURSING, Henderson mendefinisikan
nursing dari sisi fungsional : tugas unik perawat adalah membantu
seseorang. Sakit atau sehat dengan aksi-aksinya dalam memberikan sumbangan bagi
kesehatan atau penyembuhan(atau kematian yang damai) yang akan merka
kerjakan tanpa bantuanseandainya dia memiliki kekuatan, kehendak atau
pengetahuan. Dan melakukan hal ini dengan suatu cara untuk membantunya meraih
kemandiriansecepat mungkin
·
HEALTH,Henderson
tidak menyatakan definisinya sendiri mengenaitulisannya ia menyamakan kesehatan
(health) dengan kebebasan.
·
ENVIRONMENT,lagi-lagi
Henderson tidak memberikan definisinya tentangEnvironment. Dia menggunakan Webster’s New Collegiate Dictionary, 1961 yang mendefinisikan environment
sebagai “the aggregate of all the externalconditions and influences affecting
the life and development of an Organism.(kumpulan semua kondisi external dan
pengaruh-pengaruh yang berdampak pada kehidupan dan perkembangan
organisme).
·
PERSON (PATIENT),Henderson
melihat pasien sebagai individu yangmembutuhkan bantuan untuk meraih kesehatan
dan kebebasan atau kematianyang damai.
E.
KEBUTUHAN-KEBUTUHAN
Henderson mengidentifikasi 14 kebutuhan
dasar pasien, yang eterdiri darikomponen-komponen penanganan perawatan.
Hal ini termasuk kebutuhan untuk :
1.
Bernapas secara normal
2.
Makan dan minum yang cukup
3.
Membuang kotoran tubuh
4.
Bergerak menjaga posisi yang diinginkan
5.
Tidur dan istirahat
6.
Memilih pakaian yang sesuai
7.
Menjaga suhu badan tetap dalam
batas normal dengan menyesuaikan pakaiandan mengubah lingkungan.
8.
Menjaga tubuh tetap bersih dan terawat dengan baik dan melindungi
integument.
9.
Menghindar dari bahaya dalam
lingkungan dan yang bisa melukai
10.
Berkomunikasi dengan orang
lain dalam mengungkapkan emosi, kebutuhan,rasa takut atau pendapat-pendapat.
11.
Beribadah sesuai keyakinan
seseorang
12.
Bekerja dengan suatu cara yang
mengandung unsur prestasi
13.
Bermain atau terlibat dalam
beragam bentuk rekreasi
14.
Belajar, mengetahui, atau memuaskan,
rasa penasaran yang menuntun pada perkembangan normal dan
kesehatan serta menggunakan fasilitas-fasilitaskesehatan yang tesedia.
F.
ASUMSI-ASUMSI UTAMA
Kita telah menyadur asumsi-asumsi
berikut dari tulisan-tulisan Henderson
- Nursing
1. Perawat memiliki tugas untuk membantu in dividu yang sakit ataupun
sehat
2. tugas-tugas perawat sebagai anggota suatu team medis
3.
tugas-tugas perawat tidak
tergantung dokter, tetapi mengajukan rencananya, bial dokter sedang
mengunjungi.
4. perawat banyak mengetahui baik dalam biologi maupun sosial
5. perawat dapat menilai kebutuhan-kebutuhan dasar manusia.
6.
14 komponen penanganan
perawatan meliputi semua kemungkinan tugas-tugas perawatan.
- Person
1. pasien harus memelihara kesetimbangan fisiologis dan emosional
2. pikiran dan tubuh pasien tidak terpisahkan
3. pasien tperlu bantuan untuk meraih kemandirian (independence)
4. pasien dan keluarga satu satuan
5. kebutuhan-kebutuhan pasien meliputi 14 komponen penanganan
keperawatan
- Health
1. sehat adalah kualitas hidup
2. sehat merupakan dasar bagi tugas kemanusiaan
3. sehat memerlukan kemandirian dan saling ketergantungan
4. memperoleh kesehatan lebih penting daripada mengobati penyakit
5. individu akan meraih atau mempertahankan kesehatan apabila merekamemiliki
kekuatan, kehendak atau pengetahuan yang cukup
- Environment
1.
individu yang sehat mampu
mengontrol lingkungan mereka, tetapi penyakitdapat mengganggu kemampuan
tersebut.
2.
para perawat sebaiknya memperoleh pendidikan penyalamatan.
3.
para perawat sebaiknya melindungi
pasien dari luka-luka secara mekanis
4.
para perawat harus meminimalisir
peluang terluka melalui saran-saran tentangkonstruksi bangunan, belanja
peralatan, dan pemeliharaan.
5.
para dokter memanfaatkan observasi
perawat dan memuaskan resep-resepnya bagi perlengkapan
perlindungan.
6.
para perawat harus tahu kebiasaan sosial
dan praktik ritual keagamaan untuk memperkirakan bahaya-bahaya.
G.
PENEGASAN-PENEGASAN TEORITIS
-
Hubungan Perawat Pasien
Tiga tingkatan hubungan perawat pasien dapat di kenali :
1.
perawat sebagaisubstitute(pengganti)
bagi pasien.
2.
perawat sebagaihelper (penolong)
3.
perawat sebagai partner (rekan) dengan pasien. Pada
saat-saat penyakitnyagawat, perawat kelihatan seperti “pengganti apa-apa yang
pasien kekuranganuntuk membuatnya menjadi lengkap, utuh, atau bebas karena
berkurangnyakekuatan fisik, kemauan atau pengatahuan.
Selama kondisi pemulihan (convalescence), perawat membantu
pasien meraihatau mendapatkan kembali kemandiriannya. Henderson menyatakan
“kemandirianadalah yang relatif. Tidak ada satupun dari kata tidak
bergantung dengan yang lain,tetapi kita berusaha keras bagi saling
bergantung meraih kesehatan, bukan bergantungdalam sakit.
Perawat harus bisa mencermati
tidak hanya kebutuhan-kebutuhan pasien, tetapi juga kondisi-kondisi tersebut dan
kondisi patologis yang merubahnya.
Perawat dapat mengubah
lingkungan dimana dia anggap perlu. Henderson percaya di setiap
situasi para perawat yang mengetahui reaksi-reaksi fisiologis
dan psikologis terhadap suhu dadan, cahaya dan warna.
Perawat dan pasien selalu
berusaha mencapai satu tujuan, apakah berupakesembuhan atau kematian yang
damai. Salah satu tujuan perawat harus menjagahari-hari pasien senormal
mungkin. Menjadikan sehat adalah tujuan penting alinnyaoleh si perawat.
-
Hubungan Perawat Dokter
Henderson menuntut tugas unik
yang di miliki perawat dari para dokter. Rencana perawatan, yang
di rumuskan oleh perawt dan pasien bersama-sama, harus di jalankandengan suatu
cara untuk mengusulkan rencana pengobatan yang di tentukan dokter.
Perawat sebagai anggota tim
medis. Pekerjaan-pekerjaan perawat saling bergantungan dengan pekerja-pekerja
kesehatan lainnya. Perawat dan anggota timlainnya saling membantu menjalankan
program perawatan penuh, tetapi merekasebaiknya tidak melakukan
pekerjaan-pekerjaan milik orang lain. Hendersonmengingatkan kita ”tidak seorang
pun di dalam tim memberi beban kepada anggotalainnya, dimana siapapun mereka
tidak sanggup untuk melakukan tugas khususnyatersebut.
H.
BENTUK LOGIKA
Henderson nampaknya menggunakan bentuk
penalaran logika deduktif untuk membangun definisi ilmu perawatannya. Dia
mena rik kesimpulan definisi ilmu perawatannya dan 14 kebutuhan-kebutuhan
dari prinsip-prinsip fisiologis dan psikologis. Seseorang harus
mempelajari asumsi-asumsi dari definisi karyaHenderson untuk menilai
kecukupan logika tersebut.
I.
PENERIMAAN OLEH KOMUNITAS KEPERAWATAN
Definisi ilmu perawatan
Henderson karena berkaitan dengan praktik perawatanmenunjukan bahwa perawat
yang melihat tugas utama mereka sebagai pemberilangsung perawatan kepada pasien
akan menemukan manfaat segera pada kemajuan pasien dari kondisi bergantung
menjadi mandiri. Henderson meyakini proses perawatan merupakan proses
problem-sloving dan tidak hanya khusus masalah perawatan.
Sumber :
0 Comment to "DEFINISI ILMU KEPERAWATAN MENURUT VIRGINIA HENDERSON"
Post a Comment